HR Insight

Apa Itu Tunjangan Karyawan? Kenali Juga Jenis dan Tujuannya

Apa itu tunjangan? Tunjangan adalah kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan atas pekerjaan yang sudah dilakukan. Apa saja tujuan perusahaan memberikan tunjangan kepada karyawan dan apakah tunjangan termasuk gaji? Cek selengkapnya di artikel ini, yuk.

Jenis Tunjangan

Employee benefits

Ada dua jenis tunjangan yang bisa didapatkan oleh karyawan sebagai hak sekaligus bentuk penghargaan perusahaan atas kinerjanya, yaitu:

Tunjangan Tetap

Tunjangan tetap adalah tunjangan yang diberikan secara rutin dengan nominal yang sama dan pemberiannya bersamaan dengan pemberian gaji. Contoh: Tunjangan jabatan, tunjangan perumahan, tunjangan keluarga, tunjangan makan, dan sebagainya.

Tunjangan Tidak Tetap

Tunjangan tidak tetap adalah tunjangan yang pemberiannya sewaktu-waktu, tidak bersifat mutlak, tidak diberikan bersamaan dengan gaji, dan tidak diberikan secara rutin. Contoh tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, tunjangan prestasi (hanya diberikan ketika karyawan meraih prestasi tertentu)

Tujuan Memberikan Tunjangan kepada Karyawan

Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Karyawan mana pun pasti akan betah bekerja di perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan karyawannya. Karena semua kebutuhan hidup yang krusial sudah terpenuhi dengan berbagai tunjangan yang diberikan perusahaan, maka motivasi kerja karyawan untuk memberikan yang terbaik jadi meningkat. Mereka akan lebih fokus pada pencapaian tujuan dan kemajuan perusahaan, meningkatkan kehadiran, bahkan tidak tergoda dengan tawaran kerja dari perusahaan lain.

Meningkatkan Loyalitas Karyawan terhadap Perusahaan

Pemberian tunjangan yang menarik, apalagi jika disertai kebebasan memilih sendiri tunjangan sesuai kebutuhan karyawan, bisa meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Contoh: perusahaan menyediakan tunjangan kesehatan setiap dua bulan sekali dalam bentuk: pemeriksaan dan pembelian kacamata, perawatan gigi, tambal gigi, dan pembuatan gigi palsu, atau check-up kesehatan. Lalu, karyawan dibebaskan memilih bentuk perawatan kesehatan mana yang sedang mereka butuhkan.

Pemberian tunjangan yang tepat dan sesuai kebutuhan karyawan membuat karyawan merasa dihargai, diperhatikan, dan dirawat oleh perusahaan. Karyawan yang loyal akan menurunkan potensi turnover, membuat karyawan lebih betah bekerja di perusahaan, performa kerja meningkat, dan akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja perusahaan secara keseluruhan.

Menjaga Kesehatan Mental Karyawan

Ketersediaan fasilitas dan berbagai tunjangan yang memastikan kesejahteraan karyawan akan membuat karyawan merasa nyaman dan aman bekerja di perusahaan. Mereka bisa bekerja dengan baik tanpa dipusingkan dengan rasa cemas dan khawatir akan kebutuhan hidup krusial yang belum terpenuhi. Karena pikiran yang lebih tenang saat bekerja, karyawan jadi lebih siap menghadapi tantangan dan tekanan pekerjaan, bebas stres, sehingga kesehatan mental karyawan pun terjaga dengan baik. 

Menarik Kandidat Baru

Pemberian gaji disertai berbagai tunjangan yang menguntungkan bagi karyawan dapat menarik perhatian kandidat potensial untuk bergabung di perusahaan. Bahkan berita baik mengenai perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan karyawan cepat sekali menyebar sehingga bisa mendatangkan lebih banyak kandidat terbaik untuk bergabung di perusahaan tanpa perusahaan perlu repot mencari atau membuka lowongan kerja terus menerus. Jika hal ini yang terjadi, jelas akan menguntungkan perusahaan karena tidak perlu mengeluarkan biaya besar hanya untuk menyelenggarakan proses rekrutmen.

Dengan mengetahui jenis tunjangan dan tujuan perusahaan memberikan tunjangan, tentu HRD dapat melakukan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Untuk memperdalam pemahaman mengenai tunjangan, ketahui perbedaan gaji pokok dan tunjangan, yuk. Simak artikel berikut: 4 Perbedaan Gaji Pokok dan Tunjangan