Administrasi Lamaran Kerja

Surat Keterangan Kerja: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Contoh surat keterangan kerja yang dibuat hrd

Surat keterangan kerja adalah surat yang diterbitkan oleh HRD suatu perusahaan untuk karyawan yang bisa digunakan dalam berbagai keperluan, seperti melamar kerja atau mengajukan KPR. Surat ini biasanya diberikan oleh perusahaan saat karyawan mengundurkan diri atau biasa disebut dengan surat paklaring. Perlu diketahui juga, bahwa surat ini tidak bisa dibuat sendiri, ya.

Cari tahu selengkapnya seputar surat keterangan kerja dan contohnya di artikel berikut ini.

Apa itu Surat Keterangan Kerja?

Surat keterangan kerja adalah surat yang dibuat oleh HRD dari perusahaan untuk karyawan yang memerlukan. Isi surat keterangan kerja menyatakan bahwa karyawan yang bersangkutan memang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, akan tercantum pula posisi dan jabatan terakhir karyawan.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Selain berfungsi sebagai surat referensi yang akan memudahkan kamu diterima bekerja di perusahaan lain, ada banyak kegunaan memiliki surat keterangan kerja, di antaranya:

  • Jika kamu hendak melanjutkan pendidikan dan mengajukan beasiswa, maka surat keterangan kerja akan menjadi dokumen pendukung sehingga proses pengajuan beasiswamu bisa dipertimbangkan dengan lebih baik.
  • Sebagai surat referensi untuk melamar pekerjaan ke perusahaan atau instansi lain sehingga rekruter menjadi semakin yakin untuk memilih kamu sebagai kandidat potensial.
  • Surat keterangan kerja juga berguna dalam proses pencairan dana dari BPJS Ketenagakerjaan maupun untuk mengajukan KPR dan pinjaman di bank.
  • Surat keterangan kerja menjadi bukti bahwa kamu pernah bekerja di suatu perusahaan dengan kinerja dan prestasi yang baik.

Format Surat Keterangan Kerja

Sama seperti dokumen resmi lainnya, berikut struktur surat keterangan kerja secara umum:

  • Kop surat perusahaan yang berisi logo, nama perusahaan, alamat, nomor telepon, website, dan identitas lain perusahaan.
  • Perihal surat biasanya terdapat di bagian kiri surat, tepat di bawah kop surat.
  • Identitas karyawan, mulai dari nama, jabatan atau posisi terakhir di perusahaan, alamat, nomor identitas (NIK).
  • Isi surat yang menerangkan bahwa karyawan memang bekerja di perusahaan dan menjabat pada posisi yang telah disebutkan pada keterangan identitas. Pada isi surat keterangan kerja biasanya juga dicantumkan penilaian kinerja selama kamu bekerja di perusahaan. 
  • Penutup surat dan pengesahan surat berisi tempat dibuatnya surat, tanggal pembuatan surat, tanda tangan pembuat surat (HRD) maupun pihak berwenang yang membuat surat. Selain itu, harus ada cap perusahaan sebagai bukti sah surat keterangan kerja. 

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

Contoh surat keterangan kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

PT Makmur Sentosa
Jl. Ciledug, No. 20 Jakarta

Surat Keterangan Kerja
No. 21/SKK/X/2022

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Ahmad Husyein
Jabatan : Kepala HRD PT Makmur Sentosa

Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama : Zaki Sitompul
Jabatan : Staff Admin PT Makmur Sentosa
Alamat : Jl. Cilincing Ray, Jakarta Utara, DKI Jakarta

Adalah benar merupakan salah satu karyawan kami yang mulai bekerja sejak Januari 2015 hingga saat ini. Surat keterangan kerja ini dibuat sebagai salah satu syarat pengajuan KPR oleh saudara Zaki Sitompul.

Demikian surat ini kami buat. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Kepala HRD PT Makmur Sentosa
Ahmad Husyein

 

Saat ingin melamar pekerjaan di tempat yang baru, beragam rangkaian tes dan interview akan kamu lalui. Setelah pada akhirnya kamu diterima, ada beberapa syarat administrasi yang perlu kamu siapkan. Salah satunya adalah NPWP, apalagi kalau di tempat kamu kerja sekarang kamu belum memilikinya. Simak syarat membuatnya di artikel berikut: Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja, Bisa Online!