Administrasi Lamaran Kerja

Offering Letter: Pengertian, Cara Membalas, dan Contohnya

Saat menerima offering letter tentu kamu akan merasa sangat senang karena menjadi pertanda kamu semakin dekat mendapatkan impianmu bekerja di bidang dan posisi yang kamu inginkan. Agar tak salah dalam membalas offering letter, cari tahu dulu, yuk, apa itu offering letter, contoh offering letter, dan cara membalasnya di artikel ini.

Apa Itu Offering Letter?

Offering letter adalah surat penawaran kerja yang dikirimkan oleh perusahaan. Ada banyak informasi penting dalam offering letter yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan sebaik mungkin sebelum membuat keputusan, apakah akan menerima atau menolak tawaran kerja tersebut. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membaca informasi yang tercantum pada offering letter, di antaranya:

  • Periksa bagian jabatan, deskripsi pekerjaan, dan tanggal mulai aktif bekerja. Pastikan sudah sesuai dengan ekspektasi dan posisi yang kamu lamar.
  • Pada informasi gaji, kamu perlu memperhatikan sistem penggajian di perusahaan. Apakah menggunakan sistem gaji kotor atau gaji bersih. 
  • Perhatikan bagian fasilitas dan benefit lain yang ditawarkan perusahaan, seperti berbagai tunjangan, asuransi kesehatan, uang lembur, ketersediaan perangkat kerja, dan lainnya.
  • Baca dan pahami bagian jatah cuti sedetail mungkin untuk mengetahui jenis cuti apa saja yang diberikan perusahaan kepadamu. 
  • Terakhir, periksa tenggat waktu pengembalian offering letter. 

Jika sudah yakin dengan penawaran kerja yang diberikan, kamu bisa membalas offering letter, beri tanda tangan, dan segera kirimkan kembali surat tersebut ke perusahaan.

Perbedaan Offering Letter dengan Kontrak Kerja

Banyak yang mengira offering letter sama dengan kontrak kerja. Padahal keduanya berbeda. Offering letter adalah pemberitahuan secara resmi bahwa kamu mendapatkan penawaran kerja untuk posisi yang tersedia atau posisi yang kamu lamar. Surat penawaran kerja berisi informasi, seperti gaji, jabatan, deskripsi pekerjaan, dan lainnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk menerima atau menolak tawaran tersebut.

Bagaimana dengan kontrak kerja? Kontrak kerja adalah perjanjian yang disepakati antara pekerja dan pemberi kerja. Di dalamnya memuat hak dan kewajiban kedua belah pihak beserta ketentuan lain yang berkaitan dengan sanksi hukum. Berikut beberapa perbedaan lainnya:

  • Offering letter bersifat penawaran, tidak mengikat secara hukum. Sementara kontrak kerja ada dasar hukumnya, terutama setelah terjadi kesepakatan dan proses penandatanganan kontrak.
  • Kontrak kerja menjelaskan secara detail terkait status kepegawaian (kontrak atau permanen) dan PHK
  • Kontrak kerja diberikan setelah kamu menyetujui offering letter.

Cara Membalas Offering Letter

1. Mempertimbangkan Keputusan

Setelah menerima offering letter, bacalah seluruh informasi secara menyeluruh dan pahami segala syarat dan ketentuan yang ada. Dalam menanggapi surat penawaran kerja, ada tiga pilihan yang dapat kamu pertimbangkan, yaitu menerima tawaran, melakukan negosiasi terlebih dahulu, atau langsung menolak.

Gunakan tenggat waktu pengembalian offering letter untuk mempertimbangkan keputusan sebaik mungkin. Biasanya perusahaan memberikan jangka waktu pengembalian antara 24 jam hingga 7 hari. Apabila kamu sudah membuat keputusan final, segera balas email offering letter dengan mengubah subject email sesuai keputusanmu. Misal: Accepting Content Writer Offering Letter at PT Timur Barat.

2. Bernegosiasi

Karena offering letter bersifat penawaran, kamu berhak melakukan negosiasi terhadap penawaran yang kamu anggap perlu penyesuaian. Misalnya, tanggal efektif mulai bekerja atau jumlah gaji yang diberikan.

Contoh menyampaikan negosiasi:

Saya sudah memahami dan puas dengan ketentuan yang tercantum dalam surat penawaran. Akan tetapi, saya membutuhkan negosiasi lebih lanjut untuk poin-poin tertentu, seperti tanggal efektif mulai bekerja.

Negosiasi ini bersifat opsional. Apabila kamu sudah yakin untuk menerima atau menolak tawaran, maka tidak perlu bernegosiasi.

3. Menerima atau Menolak Tawaran

Kamu bisa langsung menerima atau menolak tawaran setelah mempertimbangkannya tanpa melakukan negosiasi. Apabila menerima penawaran kerja, kamu dapat melengkapinya dengan menyebut poin tertentu. 

Contoh: 

Terima kasih atas penawaran kerja yang Anda berikan. Saya senang untuk menerima posisi sebagai content writer di perusahaan Timur Barat. Saya bisa mulai bekerja di tanggal 01 Oktober 2022, sesuai kesepakatan.

Jika menolak penawaran kerja yang dikirimkan perusahaan, kamu juga harus menyertakan alasannya. Contoh:

Terima kasih atas penawaran kerja dan kesempatan yang Anda berikan. Mohon maaf saya belum bisa bergabung dengan PT Timur Barat karena sudah bekerja di perusahaan lain. Semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Contoh Offering Letter

Contoh offering letter

  • Contoh Offering Letter dalam Bahasa Indonesia

Subjek email: Offering Letter Content Writer PT Timur Barat

Yth. Ibu Clarine Chatarina

Selamat!

Kami dengan senang hati menawarkan posisi Content Writer di PT Timur Barat, dengan rincian:

Nama : Clarine Chatarina
Posisi : Full time Content Writer
Tanggal mulai bekerja : 01 Oktober 2022
Melapor Langsung ke : Head of Content

Penawaran gaji bulanan Anda dihitung menggunakan sistem gross atau gaji kotor. Artinya, gaji belum dipotong pajak, iuran BPJS Kesehatan, iuran BPJS Ketenagakerjaan & pensiun.

Mohon untuk meninjau kembali dokumen yang terlampir dalam email ini. Jika Anda menerima tawaran pekerjaan ini, silakan tandatangani kolom yang tersedia dalam surat yang dilampirkan.

Scan dokumen dan kirim dalam bentuk softcopy file dengan membalas email ini maksimal, Rabu, 07 September 2022. Kami akan menghubungi Anda setelah kami menerima dokumen persetujuan. Jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan lain terkait kontrak kerja yang terlampir.

Kami tunggu kehadiran Anda di tim!

Salam,
Veina Larasati, HR Manager
Human Resource Department PT Timur Barat

  • Contoh Offering Letter dalam Bahasa Inggris

Dear Clarine Chatarina,

PT Timur Barat is excited to bring you on board as a content writer.

We’re just a few formalities away from getting down to work. Please take the time to review our formal offer. It includes important details about your compensation, benefits, and the terms and conditions of your anticipated employment with PT Timur Barat.

PT Timur Barat is offering a full-time position for you as a content writer, reporting to the supervisor starting on Sept, 30th 2022 at Gedung A PT Timur Barat. Expected hours of work are 5 days or 40 times/week.

In this position, PT Timur Barat is offering to start you at a pay rate of annual salary net. You will be paid monthly, starting Nov, 1st 2022.

As part of your compensation, we’re also offering benefits such as health insurance, stock plan, and dental insurance.

Please indicate your agreement with these terms and accept this offer by signing and dating this agreement on or before Sept 7th 2022.

Sincerely,
Viena Larasati, PT Timur Barat HR Manager

Contoh Cara Membalas Offering Letter

  • Cara Membalas Offering Letter dalam Bahasa Indonesia

Subjek Email: Penerimaan Tawaran Pekerjaan untuk Posisi Content Writer – Clarine Chatarina

Kepada Manajer HRD,

Terima kasih atas surat penawaran kerjanya. Saya sangat senang menerima tawaran pekerjaan sebagai content writer di PT Timur Barat. Saya bersemangat untuk turut memberikan ide segar dan berkontribusi dalam tim maupun perusahaan.

Saya menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan. Saya bisa mulai bekerja di tanggal 01 Oktober 2022, sesuai kesepakatan. Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, silakan menghubungi saya.

Hormat saya,
Clarine Chatarina

  • Cara Membalas Offering Letter dalam Bahasa Inggris

Subject: Clarine Chatarina, Job Offer Acceptance as Content Writer PT Timur Barat

Dear Ms. Veina,

I am thrilled to accept the position of a content writer at PT Timur Barat. Thank you for this opportunity! I look forward to joining the team.

 As we discussed, I want to confirm that my starting salary will be 4 million rupiah with two weeks of paid vacation, and health and dental benefits will begin after 90 days. I am excited to start orientation on Oct. 1. If there are any final steps I need to take before that date, such as signing onboarding documents, please let me know. Thank you again.

Sincerely,
Clarine Chatarina
0851234567891
clarinechatarina@gmail.com

 

Mendapatkan offering letter berarti tinggal selangkah lagi kamu menjadi bagian dari perusahaan yang kamu tuju. Tapi bagaimana kalau ternyata penawaran yang kamu terima tidak sesuai dengan yang kamu inginkan atau kamu sudah bekerja di tempat lain? Simak cara menolak tawaran kerja dengan sopan berikut: Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan dan Contohnya