HR Insight

(Infographic) Binus Jadi Incaran Startup Unicorn, Kampus Kamu Gimana?

infografis 10 lulusan universitas favorit startup unicorn

Apa sih arti startup unicorn? Startup unicorn adalah perusahaan rintisan yang nilai valuasinya sudah mencapai US$ 1 miliar (setara 14 triliun Rupiah) atau lebih. Di Indonesia ada cukup banyak perusahaan startup yang sudah berstatus unicorn, antara lain Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, Ajaib, dan lainnya. Para pekerjanya kebanyakan lulusan universitas unggulan. Binus menjadi salah satu kampus yang lulusannya banyak diincar startup unicorn. Kampus kamu gimana? Cek di sini, yuk!

Daftar Perusahaan Startup Unicorn Indonesia

Daftar Perusahaan Startup Unicorn Indonesia

Dilansir dari Tech in Asia, Asia Tenggara telah memiliki lebih dari 50 perusahaan teknologi berstatus unicorn per September 2022. Pada daftar berikut ini, kamu akan menemukan top 10 startup unicorn Indonesia, yaitu:

  1. Bukalapak
  2. Traveloka
  3. Kopi Kenangan
  4. Akulaku
  5. OVO
  6. Kredivo
  7. Xendit
  8. Ajaib
  9. Blibli
  10. JD.id

Sumber & Metode Pengumpulan Data

Data yang ditampilkan dalam tulisan ini bersumber dari LinkedIn dan beberapa sumber lainnya yang kemudian diolah oleh tim Atma. Peringkat kesepuluh universitas berikut didasarkan pada nilai tertinggi yang diperoleh. 

Alumni Universitas yang Banyak Di-Hire Startup Unicorn

Tahu nggak kenapa jadi lulusan universitas unggulan memberi manfaat besar bagi masa depanmu? Sebab, lulusan universitas unggulan di Indonesia, memiliki peluang lebih besar untuk bisa bekerja di perusahaan startup unicorn. Selain keilmuan dan keahlian yang didapatkan dari bangku kuliah, jaringan alumni yang kuat juga memberi pengaruh besar terhadap ketersediaan peluang kerja. Bahkan, almamater seringkali menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerima calon karyawan.

Nah, selain Binus, ini daftar universitas yang alumninya banyak di-hire startup unicorn:

universitas yang lulusannya paling banyak bekerja di startup

1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

lulusan binus di startup unicorn

 

Selain memiliki kebanggaan tersendiri menjadi lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) berkat kedekatan alumninya yang begitu solid, peluang kamu mendapatkan pekerjaan di startup unicorn juga terbuka lebar. Lihat saja pada grafik. Dari total 1115 orang lulusan Binus, 397 di antaranya berkarir di Blibli lho, salah satu e-commerce B2B besar di Indonesia. Selain Blibli, Traveloka, Bukalapak, dan JD.id banyak juga merekrut lulusan Binus.

2. Universitas Indonesia (UI)

lulusan ui di startup unicorn

Kalau kamu lulusan Universitas Indonesia, harusnya bangga dong, ya? Menjadi lulusan UI dipercaya membuka gerbang peluang begitu lebar untuk mendapatkan pekerjaan. Makanya nggak heran Universitas Indonesia (UI) ini menjadi universitas di urutan kedua yang lulusannya banyak direkrut perusahaan startup unicorn

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

lulusan itb di startup unicorn

Nama besar ITB nggak diragukan lagi sebagai salah satu universitas favorit di Indonesia. Kamu yang alumni ITB harus berbangga hati juga. Apalagi persaingan untuk masuk ke universitas ini juga lumayan ketat. Makanya begitu lulus pasti bangga luar biasa, kan? Ditambah lagi, lulusan ITB banyak menarik minat rekruter dan HRD dari perusahaan besar, termasuk startup unicorn juga banyak hire anak ITB. Contoh di grafik, 201 lulusan ITB menjadi bagian dari Traveloka, platform travel terbesar di Indonesia. 

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

lulusan universitas gadjah mada di startup unicorn

Universita Gadjah Mada (UGM) merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah Indonesia merdeka. Ujian masuk ke perguruan tinggi ini terkenal sangat ketat. Begitupun untuk bisa lulus dengan nilai cemerlang. Makanya wajar banget kalau perusahaan besar seperti startup unicorn banyak melirik lulusan UGM. Contohnya: Bukalapak mempekerjakan 73 orang lulusan UGM, disusul Traveloka (70 orang), Blibli (55 orang), dan masih banyak lagi. 

5. Universitas Padjadjaran (Unpad)

lulusan universitas padjadjaran di startup unicorn

Kalau saat ini kamu kuliah di Universitas Padjadjaran dan bercita-cita bekerja di perusahaan unicorn, perjuangkan untuk lulus dengan nilai dan keahlian mumpuni, ya. Sebab, peluang bekerja di perusahaan unicorn terbuka lebar bagi lulusan Unpad. Hal ini terbukti dari 279 lulusan Unpad, sudah ada yang bekerja di Bukalapak (64 orang), lalu di Traveloka dan Blibli masing-masing sudah memiliki 58 orang pekerja alumni Unpad. Startup unicorn lain juga banyak meng-hire lulusan Unpad, seperti JD.id, OVO, Ajaib, Kredivo (15 orang), dan masih banyak lagi.

6. Institut Pertanian Bogor (IPB)

lulusan institut pertanian bogor di startup unicorn

Meskipun namanya Institut Pertanian Bogor (IPB), jurusan perkuliahan yang tersedia di kampus ini nggak cuma berurusan dengan pertanian dan perkebunan. Bahkan di kampus ini sudah ada jurusan Bisnis Digital, Aktuaria, Kewirausahaan, dan masih banyak lagi. Saat ini, IPB menjadi universitas unggulan di urutan ke-6 yang lulusannya banyak di-hire perusahaan startup

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

lulusan universitas atma jaya di startup unicorn

Selain 6 universitas unggulan yang sudah disebutkan di atas, Universitas Atma Jaya menjadi universitas ke-7 yang lulusannya paling banyak di-hire startup unicorn. Blibli menjadi salah satu startup unicorn yang paling banyak mengincar lulusan universitas ini, lho. Disusul Traveloka, JD.id, Kopi Kenangan, dan Ajaib.

8. Universitas Brawijaya (UB)

lulusan universitas brawijaya di startup unicorn

Data yang telah dikumpulkan tim Atma menunjukkan bahwa lulusan Universitas Brawijaya juga menjadi favorit startup unicorn. Dari 141 lulusan Universitas Brawijaya yang sudah bekerja di perusahaan startup unicorn, 45 orang di antaranya bekerja di Blibli, kemudian 39 orang di Bukalapak, dan 38 orang berkarir di Traveloka. Sementara untuk startup fintech, ada Ajaib yang telah mempekerjakan 11 lulusan UB dan Akulaku dengan 8 orang pekerja dari Universitas Brawijaya.

9. Universitas Gunadarma

lulusan universitas gunadarma di startup unicorn

Siapa bilang lulusan Universitas Gunadarma nggak bisa bekerja di perusahaan unicorn? Buktinya, dari 132 orang lulusan Universitas Gunadarma yang sudah bekerja di perusahaan unicorn, ada 54 orang yang sudah bekerja di Bukalapak, di Kredivo 32 orang, dan menjadi karyawan JD.id ada 22 orang. Selain itu, OVO dan Akulaku juga melirik lulusan universitas ini.

10. Universitas Prasetiya Mulya

lulusan universitas prasetiya mulya di startup unicorn

Nah, urutan terakhir dari top 10 universitas unggulan di Indonesia ada Universitas Prasetiya Mulya. Tiga perusahaan unicorn yang sudah mempekerjakan lulusan universitas ini, yaitu Blibli, Traveloka, dan JD.id.

Setelah membaca artikel ini dan sudah mengetahui 10 top universitas unggulan di Indonesia, kampus kamu masuk salah satunya nggak sih? Selain berdasarkan universitas, tim Atma juga sudah mengumpulkan data terkait jurusan yang paling banyak diminati startup unicorn. Cek langsung jurusan favorit startup unicorn di sini, yuk: Mau Kerja di Startup Unicorn? Ini Jurusan yang Paling Banyak Dicari