Interview Kerja

Semua Tentang Interview Kerja yang Harus Kamu Pahami

Wanita yang sedang di Interview

Dalam proses rekrutmen kerja ada yang namanya interview kerja atau wawancara kerja. Apa itu interview kerja dan apa tujuannya? Bagaimana cara sukses interview kerja? Untuk menemukan jawaban atas dua pertanyaan ini, kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Interview Kerja?

Interview kerja adalah tahap seleksi calon pegawai baru dalam sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan kandidat terbaik. Dalam pelaksanaannya, rekruter akan mengajak pelamar kerja berbincang untuk mencari tahu kepribadian, latar belakang, kemampuan, pengalaman, maupun cocok tidaknya pelamar kerja untuk mengisi posisi yang tersedia di perusahaan.

Memahami Tujuan Interview Kerja

Tujuan perusahaan melakukan interview kerja, yaitu:

  • Untuk mengidentifikasi kandidat pelamar kerja yang potensial dan layak mendapatkan penawaran kerja. 
  • Berguna untuk mencari tahu kepribadian, latar belakang, pengalaman, keahlian maupun informasi tambahan lainnya dari pelamar kerja.
  • Melihat kecocokan kualifikasi pelamar kerja untuk mengisi posisi atau jabatan yang tersedia di perusahaan.
  • Mencari informasi yang relevan dengan persyaratan suatu jabatan atau posisi yang tersedia.

Tips Sukses Interview Kerja

Datang Tepat Waktu

Agar sukses interview kerja, kamu harus mencari tahu lokasi dan kapan wawancara kerja diselenggarakan beberapa hari sebelum waktunya wawancara kerja. Kemudian pada hari yang ditentukan, datang tepat waktu atau minimal 30 menit lebih awal. Dengan datang lebih awal, kamu jadi punya waktu untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan menuju lokasi. Selain itu, kamu juga bisa menenangkan diri sehingga lebih siap menghadapi interview kerja.

Tampil Bersih dan Rapi

Pastikan kamu datang ke tempat penyelenggaraan interview kerja dengan penampilan yang bersih dan rapi. Kenakan pakaian formal, sopan, bersepatu, dan berdandan rapi. Jika ingin mengenakan aksesoris boleh saja, asal tidak berlebihan. Hindari menggunakan parfum yang menyengat karena bisa mengganggu proses wawancara. Jangan lupa, pastikan kukumu bersih, rambut tersisir rapi, tidak ada kancing baju yang lepas, dan sebagainya.

Tetap Tenang Saat Interview Kerja Berlangsung

Adakalanya rasa gugup mempengaruhi diri kamu, apalagi kalau ini adalah interview kerja yang baru pertama kali kamu ikuti. Untuk mengatasinya, coba lakukan olah napas, berdiri atau duduk tegak, dan fokuskan perhatian pada apa saja yang akan kamu lakukan saat berhadapan dengan rekruter. 

Percaya Diri 

Bangun rasa percaya diri dengan cara meyakinkan diri sendiri kalau semua persiapan sudah kamu lakukan dengan baik dan kini saatnya kamu menunjukkan kemampuanmu demi mendapatkan pekerjaan impian. Rasa percaya diri juga bisa kamu tunjukkan dengan jabat tangan yang hangat dan kontak mata dengan lawan bicara. 

Usahakan untuk Tersenyum

Walaupun ada rasa gugup, usahakan untuk tetap tersenyum. Dengan mengulaskan senyum, wajahmu jadi terlihat ramah dan rasa grogi bisa berkurang. 

 

Demikian ulasan mengenai apa itu interview kerja, tujuan perusahaan mengadakan interview kerja, serta tips sukses interview kerja. Semoga tips pada artikel ini bisa membantu kamu segera mendapatkan pekerjaan impian. Selain itu, ada juga lho perusahaan yang mengadakan walk in interview. Apa lagi tuh? Cari tahu lebih lanjut tentang walk in interview, di artikel berikut ini: https://atma.co.id/blog/walk-in-interview/