Dunia Kerja

Seputar Internship yang Penting Diketahui Fresh Graduate

internship

Sering bingung saat melamar kerja harus ada pengalaman kerja, padahal kamu baru lulus kuliah? Mungkin internship yang kamu butuhkan. Apa sih sebenarnya Internship itu?  

Internship atau magang adalah pekerjaan sementara mahasiswa di perusahaan atau organisasi untuk merasakan pengalaman kerja. Durasi kegiatan magang ini bervariasi, mulai dari satu minggu hingga tiga bulan. Biasanya para intern akan mendapatkan tugas atau project yang relevan untuk membangun keterampilannya.

Tujuan Internship

Tujuan utama internship adalah memberikan kesempatan para mahasiswa atau lulusan baru untuk menguasai keahlian dalam dunia kerja. Ada juga beberapa tujuan lain, diantaranya:

Menyelesaikan Kredit Perkuliahan

Tidak jarang mahasiswa hanya mengikuti internship karena tuntutan perkuliahan. Magang menjadi salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan mahasiswa agar bisa melanjutkan studinya. 

Mendapatkan Pengalaman

Dengan mengikuti program magang, tentu kamu akan mendapatkan pengalaman bekerja di dunia profesional yang nggak kamu dapatkan di dalam kelas. Pengalaman ini bisa menjadi pertimbangan ketika memilih pekerjaan maupun dipertimbangkan untuk diterima bekerja di kemudian hari.

Memperkuat CV atau Resume

Mahasiswa yang diwajibkan menjalani magang dapat memperkuat CV nya dengan pengalaman yang dimilikinya. Untuk yang baru lulus dan belum punya pengalaman kerja, kamu bisa masukkan internshipmu dalam keterangan pengalaman kerja. Dalam meningkatkan kualitas CV-mu sebagai fresh graduate, simak contohnya berikut ini yang bisa kamu jadikan sebagai referensi: Contoh CV Fresh Graduate yang Tingkatkan Peluang Interview

Manfaat Internship 

Merasakan Pengalaman Bekerja

Sebagai seorang intern, kamu akan mendapatkan gambaran bagaimana sistem dunia kerja dalam bidang yang kamu pilih. Dengan pengalaman dan gambaran yang kamu punya, kamu bisa menentukan pilihan masa depan karir mu.

Mengembangkan Keahlian Baru

Perkuliahan sering sekali tidak meliputi keahlian praktis yang dibutuhkan saat memasuki dunia kerja. Ketika magang, perusahaan akan menunjuk mentor yang akan memberikan arahan mengenai tugas yang harus diselesaikan. 

Tugas yang diberikan ini akan membantu seorang intern untuk memahami kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Dalam proses ini, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan bisa mengasah keahlian baru dalam bimbingan mentor.

Berjejaring dengan Para Profesional

Selain mendapatkan pengalaman, kamu juga akan berkenalan dengan orang-orang baru dan membangun relasi dengan rekan kerja. Bekerja dengan para profesional yang memiliki  berbagai macam keahlian dan latar belakang yang berbeda dapat membuka peluang kerja di masa depan.

Meningkatkan Peluang Bekerja

Nggak jarang, banyak yang mendapatkan pekerjaan pertamanya dari hasil kegiatan internship. Produktivitas dan kualitas kerja yang kamu tampilkan menjadi penilaian apakah kamu layak untuk dipekerjakan secara full time

Banyak perusahaan yang menjadikan program internship sebagai strategi rekrutmen karyawan. Manajer dan mentor selalu memperhatikan kinerja intern saat menyelesaikan tugas yang diberikan. Sehingga ada beberapa intern yang mendapatkan pekerjaan tetap ketika kegiatan magang berakhir.

Aturan Magang Atau Internship di Indonesia

Sebelum mengikuti program magang, ada beberapa aturan yang harus kamu pahami. Sebab, kegiatan ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan  dan perubahannya beserta peraturan pelaksanaannya.  

Peserta magang harus berusia minimal 17 tahun dan membuat perjanjian pemagangan tertulis dengan perusahaan. Hak dan kewajiban peserta dan penyelenggara tertulis secara detail dalam perjanjian tersebut. Menyertakan program pemagangan yang akan dilaksanakan, jangka waktu pemagangan dan besaran uang saku. Perjanjian ini baru bisa kamu buat setelah melakukan pengajuan pemagangan kepada perusahaan. 

Nah, sekarang kamu sudah tau serba serbi mengenai program internship dan siap menjalaninya. Umumnya, program internship dibagi menjadi dua yaitu paid dan unpaid. Untuk lebih jelasnya, baca artikel berikut ini yuk: Sebelum Memilih, Ketahui Bedanya Paid Dan Unpaid Internship