Siap Kerja, Cepat Kerja

FAQ Badge Siap Kerja

faq seputar badge siap kerja di aplikasi atma

Sebagai job seeker, berbagai cara dan upaya dilakukan demi bisa mendapatkan pekerjaan secepatnya. Tidak menutup kemungkinan dengan cara melamar loker sebanyak-banyaknya tanpa memfilter persyaratan dan membandingkannya dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini mengakibatkan spam di pihak rekruter sehingga luput dicek, dan ketika lamaran dicek pun, tidak lanjut ke tahap selanjutnya karena ketidakcocokan kualifikasi dan kemampuan. Cara ini tidak efektif dan hanya membuat frustasi pencari kerja dan juga rekruter.

Maka dari itu, badge Siap Kerja dari Atma merupakan solusi pamungkas bagi pencari kerja untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut pemaparan singkat tentang pertanyaan yang mungkin kamu punya tentang badge Siap Kerja, ya!

Apa itu badge Siap Kerja?

Badge yang diberikan Atma kepada kandidat yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian tes kesiapan kerja dan punya koleksi stamp lengkap. Pengguna aplikasi Atma yang memiliki badge ini akan punya peluang untuk direkomendasikan langsung ke rekruter dan mendapatkan undangan lamaran kerja dari rekruter, karena kandidat ini telah terbukti punya karakter dan kemampuan yang siap kerja.

Apa bedanya stamp dengan badge Siap Kerja?

Stamp diberikan Atma kepada kandidat yang telah berhasil menyelesaikan tes individual berbagai kemampuan. Ada 5 jenis stamp yang perlu dikumpulkan, yakni stamp matematika, stamp logika, stamp etika kerja, stamp bahasan, dan stamp video profil. Untuk mendapatkan sebuah stamp, seorang kandidat perlu menyelesaikan sekitar 5 kuis, terkecuali stamp video profil. Jadi, ada total 20 kuis dan 1 rekaman video perkenalan diri yang perlu dipersiapkan agar bisa mendapat badge Siap Kerja. Stamp ini berguna sebagai bentuk identifikasi atas nilai & kemampuan seorang kandidat dari segi fundamental, agar tidak perlu mengerjakan tes skrining berulang-ulang untuk hal yang sama.

Kalau gagal menjawab kuis stamp, apa yang harus dilakukan?

Kamu punya kesempatan tiga kali dalam sehari untuk mengerjakan kuis apabila gagal. Jika telah mencapai batas maksimal, tidak usah takut, kamu bisa coba lagi setelah 24 jam. Apabila stuck di pertanyaan yang sulit, ada komunitas “Siap Kerja, Cepat Kerja” yang siap membantumu!

Ternyata video profilku ditolak. Apa alasannya?

Ada beberapa faktor penting yang perlu dipenuhi agar video profilmu disetujui dan kamu bisa mendapatkan stamp video profil. Contoh:

  1. Penampilan rapi
  2. Background netral dan pencahayaan baik
  3. Suara bisa terdengar dengan baik
  4. Konten video mengandung informasi yang diminta:
    • Bagikan nama, tempat tinggal atau domisili, dan umur.
    • Jelaskan jenis pekerjaan yang ingin dilamar.
    • Ceritakan pencapaian atau pengalaman paling membanggakan yang pernah didapat.
    • Jelaskan tentang keahlian dan sertifikasi yang dipunyai.

Oleh karena itu, sebelum merekam video, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri secara matang. Beberapa alasan utama kenapa video profil ditolak:

  1.  Jobseeker tidak menyampaikan informasi perkenalan diri yang diminta.
  2. Video yang direkam tidak stabil atau goyang.
  3. Tidak menggunakan latar belakang yang polos.
  4. Tidak menggunakan pakaian profesional yang berkerah.
  5. Suara jobseeker tidak kedengaran/ terlalu kecil.

Kamu bisa baca lebih lanjut kriteria video profil di link berikut: Video Profil, Cara Baru Pikat Rekruter!

Biar video profilmu makin kece, tunjukkan semangat dan antusiasmemu, ya, karena rekruter pun akan senang melihat kandidat yang antusias sejak awal melamar lowongan kerja!

Apa sih keuntungan punya badge Siap Kerja?

Ada 3 keuntungan utama:

  1. Kamu akan diprioritaskan ketika melamar dibandingkan dengan kandidat yang tidak punya badge Siap Kerja
  2. Profil kamu akan direkomendasikan ke rekruter. Apabila rekruter tertarik, kamu akan mendapatkan undangan lamaran kerja dan langsung terseleksi ketika melamar. 
  3. Rekomendasi loker eksklusif dengan jaminan dapat respon dari rekruter

Jadi, kamu akan dapat lebih banyak kesempatan biar cepat dapat kerja!

Aku tidak pernah melamar pekerjaan tapi dapat undangan lamaran kerja. Itu bodong, ya?

Eits, ini bukan bodong! Justru ini adalah salah satu keuntungan bagi pengguna Atma yang memiliki badge Siap Kerja! Profil kamu telah dipilih oleh rekruter dan rekruter tertarik untuk mengundangmu melamar ke lowongan yang mereka miliki. Jika kamu melamar, kamu akan terseleksi langsung tanpa perlu nunggu lagi karena profilmu telah lolos skrining! Tinggal tunggu chat dari rekruter deh buat interview. Sebagai catatan tambahan, semua lowongan kerja dari Atma sudah tervalidasi 100% asli, ya. 

Apa yang terjadi jika aku menolak undangan lamaran kerja?

Kamu diberikan waktu maksimal 10 hari untuk melamar atau menolak undangan lamaran kerja. Jika kamu melamar, status lamaranmu akan otomatis “Terseleksi” dan tinggal menunggu untuk “Diundang interview”. Sedangkan jika kamu menolak, undangan tersebut akan hangus dan kamu akan direkomendasikan ke rekruter lainnya. Tapi, jika kamu tidak mengambil tindakan apa pun dari undangan lamaran kerja yang dikirim, profilmu juga tidak akan direkomendasikan ke perusahaan lainnya. Jadi, jangan nge-ghosting rekruter, ya!

Bagaimana cara Atma merekomendasikan profilku ke rekruter?

Atma memakai Atma ID, dokumen pribadi, serta badge Siap Kerja untuk merekomendasikan profilmu ke rekruter. Segala informasi yang kamu masukkan ke Atma ID akan dinilai oleh rekruter, termasuk dokumen seperti CV, ijazah, dll, dan video profil. Pastikan jika informasi yang kamu cantumkan di Atma ID adalah benar dan sesuai, mulai dari biodata hingga pengalaman kerja, sehingga rekruter bisa mengambil keputusan dengan tepat.