Administrasi Lamaran Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Buat Kamu yang Hendak Resign

Catatan pengunduran diri dari pekerjaan

Apakah kamu sudah siap untuk bekerja di tempat baru? Kalau jawabannya iya, maka sudah waktunya kamu menyiapkan surat pengunduran diri, sebagai pernyataan formal sekaligus syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh karyawan yang mau resign. Sebelum itu, baca dulu artikel berikut ini, untuk mengetahui cara membuat surat pengunduran diri beserta contohnya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Tidak semua perusahaan menyediakan format surat pengunduran diri. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui apa saja isi surat pengunduran diri yang baik. Selain memilih kalimat yang sopan dan baku, berikut cara membuat surat pengunduran diri beserta informasi yang harus dicantumkan:

  • Menuliskan tanggal pembuatan surat.
  • Mencantumkan identitas diri secara lengkap, mulai dari nama, alamat, hingga jabatan terakhir di perusahaan. Tujuannya, untuk memudahkan perusahaan membuat dokumen resign untuk arsip perusahaan dan untuk memproses pengunduran dirimu dengan lebih cepat.
  • Mengutarakan alasan resign yang masuk akal secara singkat dan jelas. Misalnya, karena kamu mendapatkan penawaran yang lebih baik di perusahaan lain atau ingin melanjutkan pendidikan.
  • Cantumkan rasa terima kasih karena sudah diberi kesempatan bekerja dan mendapatkan banyak pengalaman berharga di perusahaan. Cara ini menunjukkan kalau kamu memiliki profesionalitas yang baik dan rendah hati.
  • Sampaikan permohonan maaf apabila selama bekerja masih banyak kekurangan atau pernah melakukan kesalahan, baik yang disadari maupun tidak. 
  • Sebagai penutup, tuliskan keinginan kamu untuk tetap berhubungan baik dengan perusahaan. Nyatakan pula kesiapan kamu membantu perusahaan untuk melatih karyawan pengganti sebelum kamu meninggalkan perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri

Ada beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan di bawah ini:

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Jakarta, 01 September 2022

Yth HRD PT Maju Mundur Cantik

di tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Clarine Chatarina

Alamat : Jl. Kenari Ungu No. 15, Jakarta Pusat.

Jabatan : HR administration staff

Nomor ID : 0203201701

Dengan adanya surat ini, saya ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan saya saat ini di perusahaan Bapak/Ibu terhitung mulai tanggal 01 Oktober 2022. Saya memutuskan tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Maju Mundur Cantik karena ingin fokus melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja, belajar, dan mengembangkan potensi yang saya miliki selama bekerja di perusahaan ini. Mohon maaf apabila selama bekerja, ada kesalahan yang tidak saya sadari dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu.

Demikian surat ini saya buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Clarine Chatarina

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

September 01st, 2022

Veina Larasati

HR Manager PT Maju Mundur Cantik

Jakarta Pusat

Dear Madam,

It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I will no longer be working at PT Maju Mundur Cantik as HR administration staff. I will be resigning due to focus continue my studies. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as administration staff. It is therefore in the best interest of all parties that I reign.

I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at PT Maju Mundur Cantik. Thank you so much for your guidance and support during the last five years.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at PT Maju Mundur Cantik the very best and your company is always growing.

Sincerely,

Clarine Chatarina

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Jakarta, 1 September 2022

Yth HRD PT Maju Mundur Cantik

di Jl. kenari ungu, Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Almond Wijaya

NIK : 02032021007

Departemen : Warehouse

Jabatan : Pekerja Gudang

Bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan PT Maju Mundur Cantik dengan posisi terakhir pekerja gudang. Permohonan pengunduran diri ini terhitung mulai tanggal 1 September 2022 atau saat surat ini dibuat. Adapun alasan saya mengundurkan diri karena kondisi kesehatan saya yang menurun sejak beberapa bulan terakhir. Saya ingin fokus dengan pengobatan saya.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman kerja yang tak terlupakan di PT Maju Mundur Cantik. Mohon maaf apabila banyak kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya dan tanpa paksaan orang lain. Semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Almond Wijaya

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Jakarta, 1 September 2022

Yth HRD PT Maju Mundur Cantik

Jalan Kenari Ungu, Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Clarine Chatarina bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai staf administrasi HR dari PT Maju Mundur Cantik.

Saya mengajukan permohonan ini karena ingin fokus mengembangkan bisnis kecantikan saya. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan selama 5 tahun ini. Saya juga mohon maaf jika selama bekerja banyak melakukan kesalahan yang tidak disadari dan mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak mana pun, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Saya juga berharap semoga PT Maju Mundur Cantik akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Clarine Chatarina

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Yth Kepala Sekolah SMA Angkasa

Jl. Timur Barat No. 4, Jakarta Timur

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Meidina Amalia, S.Pd.

Kelas : Wali kelas 11 IPA 1

Alamat : Jl. Timur Barat  No. 30, Jakarta Timur

Telp : 081234567891

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai guru di SMA Angkasa karena saya mendapatkan penawaran kerja di tempat lain yang saya nilai bisa membantu mengembangkan potensi yang saya miliki.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk mengembangkan ilmu dan belajar mengajar di Yayasan Angkasa Luas Jakarta. Mohon maaf apabila terdapat hal yang kurang berkenan yang saya lakukan selama bergabung di Yayasan Angkasa Luas Jakarta.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebenarnya, tanpa paksaan pihak mana pun.

Jakarta, 01 September 2022

Hormat saya,

Meidina Amalia, S.Pd.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Magang

Jakarta, 01 September 2022

Yth HR Manager PT Maju Mundur Cantik

Jalan Kenari Ungu, Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Aninda Rahmawati dari divisi sales & marketing bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Maju Mundur Cantik, terhitung mulai tanggal 30 September 2022. Pengunduran diri ini saya lakukan karena merasa tidak cocok dengan budaya kerja di perusahaan ini.

Terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya selama menjalani magang di PT Maju Mundur Cantik. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama menjalani magang kerja. Saya berharap PT Maju Mundur Cantik dapat terus berkembang dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat saya,

Aninda Rahmawati

Kapan Menyerahkan Surat Pengunduran Diri?

Kapan sebaiknya menyerahkan surat pengunduran diri? Surat permohonan pengunduran diri selambat-lambatnya diserahkan 30 hari sebelum tanggal mulai berhenti bekerja. Tujuannya, supaya perusahaan memiliki persiapan merekrut karyawan baru untuk mengisi kekosongan posisi yang kamu tinggalkan. Selama jangka waktu tersebut, kamu tetap melaksanakan kewajiban atau bekerja seperti biasa.

Surat pengunduran diri dibuat oleh siapa? Surat pengunduran diri dibuat oleh karyawan bersangkutan tanpa adanya paksaan dari pihak lain.

Setelah mengetahui contoh surat pengunduran diri yang baik, kamu bisa segera membuatnya sesuai dengan panduan di atas. Namun sebelum mengajukan pengunduran diri, alangkah baiknya kalau kamu sudah menerima offering letter dari calon perusahaanmu yang baru, ya. Pelajari selengkapnya seputar offering letter di artikel berikut: Offering Letter: Pengertian, Cara Membalas, dan Contohnya