Cover Letter

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email Agar Lolos Interview!

lamaran kerja via email

Sebagai seorang fresh graduate, penting banget untuk mempelajari berbagai hal terkait cara melamar pekerjaan dan dokumen yang harus dipenuhi. Salah satunya, mengetahui cara mengirimkan surat lamaran kerja menggunakan email dengan cara yang benar. Umumnya, surat lamaran memang dikirim menggunakan email demi mempercepat proses rekrutmen karyawan. Namun selain bentuk dan isinya yang harus menarik perhatian, ada juga lho hal penting lain yang perlu kamu perhatikan saat mengirimkan email. Apa saja? Yuk, baca saja penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Lamaran Kerja via Email?

1. Alamat Email Pengirim

Pastikan alamat email yang kamu gunakan memberi kesan profesional dan mendeskripsikan nama Anda secara jelas. Pembuatan alamat email bisa menggunakan nama depan dan nama belakang. Misalnya: agnesia.monica@gmail.com atau michaelhawking@gmail.com. Kalau ternyata namamu sudah digunakan orang lain, coba kombinasikan nama dan inisial, misalnya agnesmo@gmail.com atau michaelhw@gmail.com.

Sebaiknya, hindari menggunakan alamat email yang memberi kesan kekanak-kanakan, tidak serius, alay, dan tidak profesional. Contohnya: kyuSelalyuC1nT4@gmail.com atau m3ntar1C4ha4aHat1@gmail.com  dan sejenisnya.

2. Alamat Email Tujuan

Memastikan alamat email tujuan sudah benar atau belum, juga penting lho. Jangan sampai sudah mengirimkan email, ternyata email tujuannya salah, kurang satu huruf pada bagian alamat penerima email, atau salah mengetik alamat email. Kesalahan mencantumkan alamat email tujuan bisa menyebabkan email yang kamu kirim tak sampai atau malah salah kirim.

3. Subjek Email

mengirim email

Saat menerima email, apa yang pertama kali kamu baca? Ya, betul. Umumnya, penerima email akan membaca subject email terlebih dahulu. Jika penting, maka akan lanjut membaca. Jika tidak, ya bacanya bisa nanti. 

Nah, rekruter juga melakukan hal yang sama. Itu sebabnya, penting menuliskan subject email secara jelas, lugas, dan sesuai tujuan kamu mengirimkan email. Selain itu, ada juga rekruter yang menugaskan orang lain untuk melakukan sortir email yang masuk. Kalau penulisan pada bagian subject tidak sesuai ketentuan, pastinya tidak akan dibuka oleh mereka.

Jadi, bagaimana seharusnya menuliskan subject email yang benar?

  • Subjek email usahakan tidak lebih dari 60 karakter, agar tidak terpotong, dan bisa terbaca dengan jelas. 
  • Jika ada format khusus yang ditentukan oleh perusahaan, maka kamu harus mengikutinya. Untuk itu, baca lagi deh persyaratan yang tercantum dalam informasi lowongan kerja. 
  • Jika tidak ada ketentuan yang perlu kamu penuhi, kamu bisa mengikuti format umum, misalnya: Nama Posisi – Lamaran Kerja – Nama Kamu atau Lamaran Kerja [posisi yang dilamar] – Nama Kamu.

4. Body Email

Surat lamaran kerja pada umumnya berisi salam pembuka, data diri, tujuan mengirimkan email, posisi yang dilamar, kualifikasi sesuai posisi, dan salam penutup. 

Nah, jika rekruter tidak menentukan cara atau syarat pengiriman surat lamaran kerja, maka kamu bisa menuliskannya langsung di body email. Lalu di bagian akhirnya cantumkan juga dokumen pendukung yang kamu sertakan (bisa di body email, bisa pula pada bagian attachment)

Namun ada pula perusahaan atau rekruter yang menentukan syarat pengiriman melalui email dengan cara semua surat harus dalam lampiran. Maka, cukup surat pengantar singkat saja yang kamu tuliskan di body email. Sementara surat lamaran kerja lengkap, CV, dan dokumen pendukungnya kamu masukkan di lampiran.

Cukup banyak lho perusahaan yang langsung mengajak kandidat untuk interview setelah melakukan screening email lamaran kerja. Kalau kamu menerima email panggilan interview, ketahui cara membalasnya di artikel berikut:  Gini Loh Cara Membalas Email Panggilan Interview Kerja 

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Dalam Bahasa Indonesia

TO: hrdteamthebest@thebest.com
Subject: Lamaran Kerja Customer Service – Abdi Setia

Dengan hormat,

Sesuai informasi yang tertera pada website dan media sosial PT The Best Media Indonesia, sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Customer Service

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Abdi Setia
Alamat : Jalan Delima No. 10, Jakarta Selatan
Tempat, Tanggal, Lahir : Jakarta, 5 November 1995
Pendidikan : S1 Ilmu Komunikasi | Universitas Jayabaya, Jakarta

Sangat tertarik untuk bekerja dan mengisi lowongan tersebut. Adapun pengalaman saya, pernah bekerja sebagai Customer Service selama 2 tahun pada PT Bintang. Itu sebabnya, saya tahu dengan pasti bagaimana seharusnya melayani customer dengan baik, membuat database pelanggan, terampil dalam berkomunikasi, serta problem solving

Bersama email ini, saya juga melampirkan beberapa dokumen pendukung dalam bentuk attachment, yaitu CV, surat pengalaman bekerja, ijazah dan transkrip nilai, juga surat referensi.

Besar harapan saya dipanggil untuk mengikuti tahap selanjutnya sehingga saya bisa menjelaskan dengan lebih detail, kontribusi apa yang bisa saya berikan bagi perusahaan.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Abdi Setia

Dalam Bahasa Inggris

To: mralbert@hrdteam.com
Subject: Applying for Digital Marketing Specialist – Madelaine

Dear Mr. Albert,

I’m excited to apply for the Digital Marketing Specialist at HRD Team Consultant, which I saw listed on LinkedIn.

I have 3+ years experienced at PT Kopi Nusantara in Digital Marketing. While working here, I contribute to increasing monthly average sales by 50% year-on-year sales. 

I’m confident that my expertise in digital marketing, email marketing, ads strategy, analysis campaign, and all dynamic digital marketing strategies, will be highly valuable to your company.

I’ve attached my resume and cover letter to this email. I welcome the opportunity for an interview to discuss further how my experience and skills can be an asset to the HRD Team Consultant.

Warmest Regards

Darma Dirgantara
0878 xxxx xxxx
darma.dirga@gmail.com

Untuk Fresh Graduate

To: hrd@dermagakuliner.id
Subject: Social Media Specialist – Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dwi Koradiar
Tempat & Tanggal Lahir : Surabaya, 15 Januari 1998
Alamat : Jalan Delta Mandala No. 17, Surabaya
Pendidikan : S1 Desain Komunikasi Visual | Universitas 17 Agustus
No Hp : 0812 xxxx xxxx

Dengan surat lamaran ini, saya mengajukan permohonan mau melamar kerja di PT Dermaga Kuliner sebagai Social Media Specialist

Selama masa kuliah, saya sudah bekerja secara part time (di luar jadwal kuliah) sebagai social media admin di PT Menara Buana selama 2 tahun. Saya mahir menggunakan berbagai tools tracking social media campaign, mampu membuat content plan yang baik, dan berpengalaman dalam mengelola ads campaign di TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen, sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Resume & Portofolio
  3. Scan KTP
  4. Scan Ijazah dan Transkrip Nilai
  5. Sertifikat Digital Marketing
  6. Surat Keterangan Pernah Magang
  7. Surat Referensi
  8. Pas foto

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk bisa dipertimbangkan. Saya sangat berharap dipanggil interview agar bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai keahlian yang saya miliki, dan kontribusi apa saja yang bisa saya berikan untuk perusahaan. 

Terima kasih banyak karena sudah berkenan membaca dan mempertimbangkan surat lamaran kerja ini. Saya tunggu kabar baiknya ya.

Hormat saya, 

Dwi Koradiar

Sudah selesai mempelajari cara mengirimkan surat lamaran kerja via email dan contohnya, kan? Sekarang waktunya kamu membuat surat lamaran kerjamu sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa lagi nih contoh yang cocok banget buat jadi referensi fresh graduate. Yuk cek langsung Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Bikin HR Terkesan!