Administrasi Lamaran Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Berbagai Keperluan

contoh surat keterangan kerja

Memiliki surat keterangan kerja ini banyak banget manfaatnya lho. Selain memperbesar peluang diterima bekerja saat melamar pekerjaan, surat ini juga bisa digunakan untuk keperluan pembukaan rekening hingga KPR. Meskipun surat ini dibuat oleh HRD perusahaan sebagai dokumen pendukung untuk berbagai keperluan, tidak ada salahnya kamu tahu bentuk dan isi suratnya. Yuk, lihat contohnya di sini.

1. Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Untuk kamu ketahui, surat keterangan kerja juga berguna banget untuk mengajukan KPR di bank. Adanya surat ini membuat pihak bank bisa menentukan kelayakan kamu mendapatkan kredit. Alasannya, pihak bank tentu akan ragu memberikan kredit kepada orang yang nggak bekerja. Karena bekerja tidaknya seseorang berkaitan dengan kemampuan membayar tanggungan kredit. Berikut ini contoh surat keterangan kerja sebagai syarat KPR.

PT Naga Wira Perkasa
Jalan Demak 80, Jakarta
Telp. (021) 123456. Email: HRD@nagawira.com

Surat Keterangan Kerja
No: 017/SKK-KPR/X-2022

Perihal: Surat Keterangan Kerja

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yudistira Wibowo
Jabatan : Direktur PT Naga Wira Perkasa

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Herodian Batubara
Alamat : Jalan Batubelah No. 17, Jakarta
Jabatan : Superintendent Mechanic

Dengan ini menyampaikan bahwa Saudara Herodian merupakan karyawan tetap di PT Naga Wira Perkasa sejak 01 April 2017 sampai sekarang. 

Surat keterangan ini diterbitkan sebagai persyaratan untuk pengurusan KPR. Semua hal yang berhubungan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan yang bersangkutan.

Demikian surat keterangan ini dibuat dan digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 31 Oktober 2022
Hormat kami,

Yudistira Wibowo
Direktur PT Naga Wira Perkasa

2. Surat Keterangan Kerja untuk Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Sedang butuh tambahan dana dan ingin mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan? Salah satu syarat yang harus kamu penuhi yaitu melampirkan surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir perusahaan. Adanya surat ini memungkinkan kamu mencairkan 10-30 persen dana dari BPJS Kesehatan, meski kamu masih berstatus sebagai karyawan. Ini contoh surat keterangan kerja untuk pencairan dana BPJD Ketenagakerjaan.

Surat Keterangan Kerja untuk Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

3. Surat Keterangan Kerja untuk Paspor

Ternyata untuk memudahkan pembuatan paspor, surat keterangan kerja juga bisa dilampirkan dalam berkas pendaftaran atau permohonan, lho. Berikut isi suratnya:

PT Travelia Armada Jaya
Jalan Dharmawangsa No. 15, Jakarta
Telp. (021) 123456 Email: HRD@traveliajaya.com

Surat Keterangan Kerja

Perihal: Pembuatan Paspor

Yth. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I
Jalan Perjuangan No.100
Kota Bekasi

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Herman Wandira
Jabatan : Manager HRD PT Travelia Armada Jaya

Menyatakan bahwa:

Nama : Irma Suryani
Jabatan : Social Media Manager
No. KTP : 12344567910009
Alamat : Jalan Batu-batuan Murni No. 11, Bekasi

Memang benar Saudara Irma merupakan karyawan PT Travelia Armada Jaya yang sudah bekerja sejak 01 April 2017 sampai dengan saat ini. 

Surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk pengajuan pembuatan paspor karena Saudara Irma akan melakukan perjalanan dinas ke Cappadocia.

Demikian surat keterangan ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Herman Wandira

Manager HRD PT Travelia Armada Jaya

4. Surat Keterangan Kerja untuk NPWP

Surat keterangan kerja juga menjadi dokumen pendukung ketika kamu mau membuat NPWP. Isi suratnya bisa dilihat pada contoh berikut:

Surat Keterangan Kerja untuk NPWP

5. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pembukaan Rekening

Untuk kamu yang tinggal dan bekerja di Jakarta, tetapi KTP-nya dari kota lain. Maka saat mau buka rekening di bank, biasanya pihak bank akan memintamu melampirkan copy KTP dan surat keterangan bekerja. Nah, ini contohnya:

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pembukaan Rekening

6. Surat Keterangan Kerja untuk Melamar Pekerjaan

Surat keterangan kerja yang dilampirkan bersamaan dengan dokumen lamaran kerja menjadi bukti bahwa kamu memang memiliki pengalaman kerja. Selain sebagai dokumen pendukung, HRD yang menerima surat ini bisa mempertimbangkan potensi kamu dengan lebih baik. Apalagi kalau di dalam surat lamaran kerja tercantum riwayat dan job description pekerjaan kamu di perusahaan sebelumnya.

PT Naga Wira Perkasa
Jalan Demak 80, Jakarta
Telp. (021) 123456. Email: HRD@nagawira.com

Surat Keterangan Kerja
No: 017/SKK-KPR/X-2022

Perihal: Surat Keterangan Kerja

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yudistira Wibowo
Jabatan : Direktur PT Naga Wira Perkasa

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Herodian Batubara
Alamat : Jalan Batubelah No. 17, Jakarta
Jabatan : Supervisor Marketing

Memang benar Saudara Herodian pernah bekerja di PT Naga Wira Perkasa dalam jangka waktu 3 tahun, yaitu sejak 01 Januari 2019 sampai dengan 01 Januari 2022.

Selama bekerja sebagai Supervisor Marketing di perusahaan kami, Saudara Herodian memberikan kontribusi yang baik dalam bentuk peningkatan revenue hingga 50% setiap tahunnya. Yang bersangkutan juga memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan, serta tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.

Demikian surat keterangan kerja ini kami terbitkan untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Semoga Saudara Herodian meraih kesuksesan bekerja di perusahaan mana pun di masa depan.

Jakarta, 31 Oktober 2022
Hormat kami,

Yudistira Wibowo
Direktur PT Naga Wira Perkasa

Semoga beberapa contoh surat keterangan kerja di atas memberi kamu gambaran yang jelas mengenai manfaat dan isi suratnya. Selain surat keterangan kerja, ada lagi lho yang namanya surat pengalaman kerja. Yuk, langsung cek di sini: Surat Pengalaman Kerja: Ini yang Fresh Graduate Harus Tahu.