Curriculum Vitae

14 Contoh Deskripsi Diri di CV yang Penting untuk Ditulis

Pria sedang menggunakan laptop

Deskripsi diri yang ada dalam CV merupakan deskripsi atau ulasan singkat dalam beberapa kalimat mengenai diri kamu, lengkap dari latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, tujuan karier, dan sebagainya. Nah, bagaimana cara menuliskan kolom ‘Tentang Saya’ di CV agar recruiter dapat mengenalmu dengan lebih baik? Yuk, pelajari beberapa contoh deskripsi diri di artikel ini.

Apa Itu Deskripsi Diri?

Deskripsi diri adalah ringkasan dari profil diri kamu yang terdiri dari beberapa kalimat singkat untuk menjelaskan pengalaman dan keahlian yang kamu miliki.

Tips Menulis Deskripsi Diri

Dalam menulis deskripsi diri, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan, yaitu:

  • Fokus pada keahlian dan keterampilan yang kamu miliki supaya deskripsi diri tersebut memberi dampak besar. Misalnya, bisa menarik perhatian rekruter untuk membaca CV kamu sampai selesai.
  • Mencantumkan prestasi yang pernah diraih.
  • Kamu harus selektif untuk fokus hanya pada hal penting saja yang kamu tuliskan dalam deskripsi diri. Kamu tidak perlu menuliskan seluruh riwayat pekerjaan, apalagi sampai termasuk job description-nya.
  • Memberikan data sebagai bukti pencapaian juga bisa dicantumkan dalam deskripsi diri. Contoh: berhasil meningkatkan penjualan sebesar 70% setiap bulan selama satu tahun.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV

  1. Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate

    Sebagai lulusan S1 Sastra Inggris, saya terampil dan memiliki pengetahuan yang cukup mumpuni dalam penulisan kreatif dalam bahasa Inggris, business letter, speaking, dan presentasi. Selama masa pendidikan, saya aktif dalam berbagai organisasi, salah satunya yang fokus pada pendidikan bahasa Inggris usia dini dan peningkatan kompetensi berbahasa Inggris untuk guru dan pengajar.

  2. Contoh Deskripsi Diri Digital Marketing

    Digital marketing menjadi passion saya sehingga membuat saya aktif mengikuti berbagai kursus, seminar, webinar, dan pertemuan terkait digital marketing. Hal ini memberi dampak besar bagi saya pribadi dan perusahaan tempat saya bekerja. Terbukti dalam waktu satu tahun bekerja, saya mampu meningkatkan conversion rate dan penjualan produk perusahaan hingga 30%. Saya termasuk pribadi yang berorientasi pada target, mudah beradaptasi dan bersosialisasi, serta memiliki kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik.

  3. Contoh Deskripsi Diri Content Writer

    Pernah melihat iklan tentang digital bank untuk milenial yang sempat viral? Itu salah satu dari sekian banyak hasil karya tulisan saya. Dalam 2 tahun terakhir, saya berfokus dalam pengolahan dan penulisan berbagai konten untuk website dan media sosial. Saya juga pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Dengan keahlian tersebut, saya yakin bisa memberi dampak yang baik bagi perusahaan Anda. 

  4. Contoh Deskripsi Diri Magang

    Sebagai lulusan S1 periklanan kreatif, saya memiliki kemampuan dalam membuat desain iklan tiga dimensi dan terlibat dalam project berskala internasional saat mengikuti lomba desain kreatif tahun lalu. Selain itu, saya pernah magang di perusahaan multinasional sebagai content creation for social media.

  5. Contoh Deskripsi Diri Customer Service

    Saya berpengalaman sebagai Customer Service yang berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 25% setiap bulan secara berkesinambungan selama satu tahun penuh. Pencapaian ini didukung dengan kemampuan interpersonal, kemauan mendengar kebutuhan customer, dan mampu bertindak sebagai problem solver untuk masalah yang dihadapi pelanggan. 

  6. Contoh Deskripsi Diri Sales

    Dalam 3 tahun terakhir, saya berhasil memimpin tim sales melakukan perluasan pasar, peningkatan jumlah pelanggan baru, dan berhasil mencapai 25% target penjualan lebih tinggi dari yang ditetapkan perusahaan. Saya terkenal sebagai negosiator ulung yang pantang pulang sebelum berhasil closing.

  7. Contoh Deskripsi Diri Product Manager

    Berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai Product Manager dan berhasil membantu perusahaan meningkatkan pendapatan tahun sebesar 50% membuat saya yakin, saya bisa berkontribusi pada perusahaan Anda. Saya memiliki networking yang luas, mudah beradaptasi, pandai bernegosiasi, dan mampu membangun product awareness sehingga pelanggan mengingat produk perusahaan dengan baik.

  8. Contoh Deskripsi Diri Account Executive

    Sebagai Account Executive berpengalaman, saya terbiasa bekerja dengan angka dan data keuangan. Saya menguasai akuntansi umum, budgeting, payroll, dan prosedur akuntansi yang inovatif, termasuk penggunaan software akuntansi, seperti Accurate dan Cloud ERP.

  9. Contoh Deskripsi Diri Business Development

    Perkembangan perusahaan selalu menjadi fokus saya sebagai Business Development. Saya berpengalaman dalam analisis pasar, implementasi strategi yang inovatif untuk peningkatan penjualan dan perluasan pasar, serta melakukan evaluasi pertumbuhan secara berkesinambungan.

  10. Contoh Deskripsi Diri Business Analyst

    Saya adalah Data Analyst pengalaman lebih dari 5 tahun dengan fokus business analysis. Fasih menggunakan berbagai software tracking data untuk melakukan analisis data secara mendetail yang berhubungan dengan perkembangan bisnis. Bahkan, saya ikut andil dalam perkembangan beberapa e-commerce ternama di Indonesia. Saya memiliki kemampuan untuk mengelola tim pemasaran, penjualan, pengembangan bisnis, dan tim pengembangan produk.

  11. Contoh Deskripsi Diri Public Relations

    Saya adalah lulusan S1 Ilmu Komunikasi yang memiliki interpersonal dan intrapersonal mumpuni sehingga mudah bersosialisasi dengan orang lain. Saya juga mampu berkomunikasi dengan baik, dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Korea, juga bahasa Jepang. Keterampilan lain yang juga saya kuasai, saya mampu menulis press release, manajemen krisis, mengelola event, dan menjadi jembatan antara perusahaan dan masyarakat.

  12. Contoh Deskripsi Diri Finance 

    Berpengalaman dalam mengelola administrasi keuangan perusahaan dan mencegah terjadinya fraud dalam perusahaan, membuat saya sebagai finance memiliki kualifikasi yang perusahaan Anda butuhkan. Keahlian saya lainnya, analisis detail laporan keuangan, teliti pada hal-hal kecil, mampu memprediksi keuangan perusahaan pada periode berikutnya dengan baik, bahkan mampu mengerjakan masalah pajak, tagihan, dan pembayaran gaji.

  13. Contoh Deskripsi Diri Accounting 

    Saya sangat berpengalaman sebagai accounting staff selama 2 tahun pada perusahaan F&B. Pengetahuan dan keterampilan saya termasuk mumpuni dalam hal membuat laporan laba rugi, menghitung pajak, akuntansi umum, payroll, dan hal lain terkait akunting.

  14. Contoh Deskripsi Diri Bahasa Inggris

    I am looking to secure a position within Digital Media, where I can bring immediate, strategic value to your company’s vision. I am a proactive, hard-working language graduate with considerable work experience gained in sales and marketing support, website, and social media management. I am customer service-oriented, self-motivated, and caring.

Tips Menjelaskan Deskripsi Diri saat Interview

Selain perlu memiliki kemampuan untuk menulis deskripsi diri atau “tentang saya” dalam CV, kamu juga harus bisa menjelaskan deskripsi diri kamu dengan baik ketika interview kerja. Beberapa tips menjelaskan deskripsi diri saat interview yang bisa kamu jadikan panduan, yaitu:

  • Ceritakan kualifikasi dan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. 
  • Gunakan storytelling yang menarik saat bercerita tentang pengalaman dan pencapaian yang pernah kamu raih secara singkat.
  • Hindri menjelaskan informasi pribadi yang sama sekali tak ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar, misalnya masalah keluarga, hobi, atau kehidupan pribadi.
  • Jangan memberikan kesan sombong ketika menceritakan berbagai kelebihan dan prestasi yang sudah kamu capai.

 

Memperkenalkan dirimu dengan singkat dan jelas sangat penting saat menuliskannya di CV. Selanjutnya, perlu dipertimbangkan keahlian apa yang kita miliki untuk dicantumkan di CV dan relevan dengan pekerjaan yang akan kita lamar. Untuk mengetahui contoh keahlian yang bisa dicantumkan di dalam CV, baca artikel berikut ini: 14 Contoh Keahlian yang Bisa Dicantumkan pada CV