Curriculum Vitae

Contoh Deskripsi Diri dalam CV yang Tonjolkan Kualifikasimu

Seorang pencari kerja sedang membuat deskripsi diri di cv

Deskripsi diri di dalam CV adalah penjelasan singkat mengenai identitas diri, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja yang relevan untuk membantu meyakinkan rekruter bahwa kualifikasi yang kamu miliki cocok untuk posisi yang kamu lamar. Nah, biar kualifikasi kamu makin oke, simak beberapa contoh dibawah ini, yuk.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV

  1. Deskripsi Diri Fresh Graduate

    Sebagai lulusan S1 Sastra Inggris, saya terampil dan memiliki pengetahuan yang cukup mumpuni dalam penulisan kreatif dalam bahasa Inggris, business letter, speaking, dan presentasi. Selama masa pendidikan, saya aktif dalam berbagai organisasi, salah satunya yang fokus pada pendidikan bahasa Inggris usia dini dan peningkatan kompetensi berbahasa Inggris untuk guru dan pengajar.

  2. Deskripsi Diri Digital Marketing

    Digital marketing menjadi passion saya sehingga membuat saya aktif mengikuti berbagai kursus, seminar, webinar, dan pertemuan terkait digital marketing. Hal ini memberi dampak besar bagi saya pribadi dan perusahaan tempat saya bekerja. Terbukti dalam waktu satu tahun bekerja, saya mampu meningkatkan conversion rate dan penjualan produk perusahaan hingga 30%. Saya termasuk pribadi yang berorientasi pada target, mudah beradaptasi dan bersosialisasi, serta memiliki kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik.

  3. Deskripsi Diri Content Writer

    Pernah melihat iklan tentang digital bank untuk milenial yang sempat viral? Itu salah satu dari sekian banyak hasil karya tulisan saya. Dalam 2 tahun terakhir, saya berfokus dalam pengolahan dan penulisan berbagai konten untuk website dan media sosial. Saya juga pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Dengan keahlian tersebut, saya yakin bisa memberi dampak yang baik bagi perusahaan Anda. 

  4. Deskripsi Diri Desain Kreatif

    Sebagai lulusan S1 periklanan kreatif, saya memiliki kemampuan dalam membuat desain iklan tiga dimensi dan terlibat dalam project berskala internasional saat mengikuti lomba desain kreatif tahun lalu. Selain itu, saya pernah magang di perusahaan multinasional sebagai content creation for social media.

  5. Deskripsi Diri Customer Service

    Saya berpengalaman sebagai Customer Service yang berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 25% setiap bulan secara berkesinambungan selama satu tahun penuh. Pencapaian ini didukung dengan kemampuan interpersonal, kemauan mendengar kebutuhan customer, dan mampu bertindak sebagai problem solver untuk masalah yang dihadapi pelanggan. 

  6. Deskripsi Diri Sales

    Dalam 3 tahun terakhir, saya berhasil memimpin tim sales melakukan perluasan pasar, peningkatan jumlah pelanggan baru, dan berhasil mencapai 25% target penjualan lebih tinggi dari yang ditetapkan perusahaan. Saya terkenal sebagai negosiator ulung yang pantang pulang sebelum berhasil closing.

  7. Deskripsi Diri Product Manager

    Berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai Product Manager dan berhasil membantu perusahaan meningkatkan pendapatan tahun sebesar 50% membuat saya yakin, saya bisa berkontribusi pada perusahaan Anda. Saya memiliki networking yang luas, mudah beradaptasi, pandai bernegosiasi, dan mampu membangun product awareness sehingga pelanggan mengingat produk perusahaan dengan baik.

  8. Deskripsi Diri Account Executive

    Sebagai Account Executive berpengalaman, saya terbiasa bekerja dengan angka dan data keuangan. Saya menguasai akuntansi umum, budgeting, payroll, dan prosedur akuntansi yang inovatif, termasuk penggunaan software akuntansi, seperti Accurate dan Cloud ERP.

  9. Deskripsi Diri Business Development

    Perkembangan perusahaan selalu menjadi fokus saya sebagai Business Development. Saya berpengalaman dalam analisis pasar, implementasi strategi yang inovatif untuk peningkatan penjualan dan perluasan pasar, serta melakukan evaluasi pertumbuhan secara berkesinambungan.

  10. Deskripsi Diri Business Analyst

    Saya adalah Data Analyst pengalaman lebih dari 5 tahun dengan fokus business analysis. Fasih menggunakan berbagai software tracking data untuk melakukan analisis data secara mendetail yang berhubungan dengan perkembangan bisnis. Bahkan, saya ikut andil dalam perkembangan beberapa e-commerce ternama di Indonesia. Saya memiliki kemampuan untuk mengelola tim pemasaran, penjualan, pengembangan bisnis, dan tim pengembangan produk.

  11. Deskripsi Diri Public Relations

    Saya adalah lulusan S1 Ilmu Komunikasi yang memiliki interpersonal dan intrapersonal mumpuni sehingga mudah bersosialisasi dengan orang lain. Saya juga mampu berkomunikasi dengan baik, dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Korea, juga bahasa Jepang. Keterampilan lain yang juga saya kuasai, saya mampu menulis press release, manajemen krisis, mengelola event, dan menjadi jembatan antara perusahaan dan masyarakat.

  12. Deskripsi Diri Finance 

    Berpengalaman dalam mengelola administrasi keuangan perusahaan dan mencegah terjadinya fraud dalam perusahaan, membuat saya sebagai finance memiliki kualifikasi yang perusahaan Anda butuhkan. Keahlian saya lainnya, analisis detail laporan keuangan, teliti pada hal-hal kecil, mampu memprediksi keuangan perusahaan pada periode berikutnya dengan baik, bahkan mampu mengerjakan masalah pajak, tagihan, dan pembayaran gaji.

  13. Deskripsi Diri Accounting 

    Saya sangat berpengalaman sebagai accounting staff selama 2 tahun pada perusahaan F&B. Pengetahuan dan keterampilan saya termasuk mumpuni dalam hal membuat laporan laba rugi, menghitung pajak, akuntansi umum, payroll, dan hal lain terkait akunting.

Deskripsi diri ini juga terkadang menjadi salah satu pertanyaan pada saat interview. Pelajari cara menjelaskan deskripsi diri pada saat interview di article berikut: http://18.141.131.125/blog/cara-menjelaskan-deskripsi-diri-saat-interview/

Tips Menulis Deskripsi Diri di CV

Beberapa informasi yang sebaiknya kamu tuliskan dalam kolom deskripsi diri di CV antara lain:

Tuliskan Perkenalan Singkat

Kalimat pertama dalam deskripsi diri bisa menjelaskan siapa diri kamu dan pengalaman kerja yang kamu miliki. Jika kamu baru lulus kuliah, maka bisa disebutkan juga kalau kamu adalah seorang fresh graduate.

Fokus Pada Keahlian Kemampuan dan Keahlian

Pikirkan tentang keahlian dan keterampilan yang kamu miliki untuk dituliskan pada kolom deskripsi diri tersebut agar memberi dampak besar. Dengan begitu, kamu bisa menarik perhatian rekruter untuk membaca CV kamu sampai selesai.

Sebutkan Pengalaman Kerja yang Relevan

Posisi yang kamu incar pasti memiliki syarat spesifik yang dibutuhkan. Jika kamu memenuhi persyaratan tersebut, sebutkan dalam deskripsi diri untuk memberikan kesan pada rekruter bahwa kamu memenuhi persyaratan untuk pekerjaan tersebut. Selain itu, sebutkan juga detail pekerjaan sebelumnya yang pernah kamu kerjakan yang sekiranya bermanfaat untuk lamaran kerja kamu.

Sebutkan Objektif Karier 

Perusahaan senang dengan kandidat yang memiliki motivasi dan komitmen yang kuat, dalam hal ini kamu bisa menjelaskan apa yang ingin kamu capai dalam karier kamu dan kontribusi yang akan diberikan di posisi tersebut.

 

Memperkenalkan dirimu dengan singkat dan jelas sangat penting saat menuliskannya di CV maupun surat lamaran. Selanjutnya, perlu dipertimbangkan keahlian apa yang kita miliki untuk dicantumkan dan relevan dengan pekerjaan yang akan kita lamar.

Untuk mengetahui contoh keahlian yang bisa dicantumkan di dalam CV, baca artikel berikut ini: 14 Contoh Keahlian yang Bisa Dicantumkan pada CV