Administrasi Lamaran Kerja

Mau Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan? Ini Contohnya

contoh daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen persyaratan lamaran kerja yang berisi tentang data diri kamu, latar belakang  pendidikan, pengalaman, dan pencapaian yang relevan. Fungsinya untuk memberikan gambaran secara singkat, namun detail, mengenai kualifikasi diri kamu kepada rekruter. Simak contohnya yuk.

Kapan Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Dibutuhkan?

Versi tulis tangan dibutuhkan jika perusahaan meminta secara spesifik daftar riwayat hidup tulis tangan pada syarat di lowongan pekerjaan. Biasanya lowongan kerja pada usaha kecil yang tidak melakukan rekrutmen online masih menerima daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan. Namun tak jarang perusahaan besar hingga instansi pemerintah meminta para pelamar mengumpulkan daftar riwayat hidup tulis tangan.

Alasannya ialah para rekruter ingin membaca karakter pelamar melalui tulisan tangannya. Ini bukan perihal bagus atau jeleknya, tetapi menggunakan grafologi akan dapat mempelajari kepribadian penulis walaupun belum pernah bertemu. 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Sebelum memulai, kamu harus menyiapkan kertas folio dan pulpen dulu ya. Dalam dokumen ini, kamu perlu mencantumkan informasi data dirimu seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan kontak yang bisa di hubungi. Masukkan juga riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang kamu punya. Tambahan informasi mengenai keterampilan yang kamu punya. Selain itu, pastikan tulisanmu mudah dibaca dan ditata dengan rapi. 

Untuk Fresh Graduate

Kalau kamu fresh graduate, kolom pengalaman pekerjaan bisa kamu isi dengan kegiatan magang yang pernah kamu lakukan. Jika memang nggak punya pengalaman magang, maka bisa dikosongkan. 

Daftarriwayat hidup fresh graduate

Dalam Bahasa Indonesia

Pastikan penggunaan bahasa dan penulisan sudah sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik ya. 

Daftarriwayat hidup bahasa indonesia

Dalam Bahasa Inggris

Jika rekruter meminta kamu membuat daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris, kamu harus teliti dengan penulisan dan grammar yang digunakan. 

Daftarriwayat hidup bahasa inggris

Nah, itulah beberapa contoh daftar riwayat hidup yang bisa jadi referensi kamu. Biar nggak ribet tulis tangan, kamu bisa loh membuatnya langsung di aplikasi Atma. Mudah dan cepat. Kamu cuma butuh HP dan koneksi internet. Di aplikasi ini, kamu juga bisa membuat profil profesional kamu, melamar kerja, bahkan kontak langsung dengan HR perusahaan. Coba pake aplikasinya dan download sekarang di sini yuk: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.atma.worker&hl=id&gl=US&pli=1