Curriculum Vitae

Ingin Menjadi Guru? Berikut Contoh CV yang Perlu Disiapkan

seorang guru mengajar

Menjadi seorang guru merupakan panggilan jiwa yang bertujuan mulia. Tugasnya nggak hanya mengajar, tetapi juga mendidik dan menjadi teladan. Apakah kamu ingin menjadi guru? Jika iya, ada beberapa hal penting yang wajib kamu cantumkan dalam CV, seperti identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman mengajar, dan keahlian yang dibutuhkan seorang guru. Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut.

Apa yang Perlu Ada dalam CV Seorang Guru?

1. Identitas Diri

Saat menulis Curriculum Vitae (CV) untuk melamar kerja sebagai guru, kamu harus menuliskan identitas diri secara lengkap, mulai dari nama, kontak yang bisa dihubungi, dan deskripsi singkat. Penulisan deskripsi singkat dalam satu paragraf bertujuan untuk menonjolkan pengalaman serta kualifikasi kamu sebagai seorang calon guru. Harapannya, agar rekruter bisa langsung melihat keunggulan kamu dibandingkan pelamar lainnya.

Contoh deskripsi singkat: 

Lulusan S1 Kimia Universitas Bandung. Berpengalaman mengajar Kimia selama satu tahun di SMA Negeri Bekasi. Suka mengajar dan berinteraksi dengan remaja. Mampu memberi solusi untuk banyak permasalahan yang dihadapi pelajar. Sedang mencari lowongan pekerjaan untuk guru Kimia SMA.

2. Tonjolkan Riwayat Pendidikan

Sebagai seorang guru, ada tingkat pendidikan dan kualifikasi tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya, harus lulus D3 untuk menjadi guru TK dan SD, lalu minimal S1 untuk calon guru SMP dan SMA. Beberapa sekolah bahkan ada yang mencantumkan syarat IPK minimal 2,75 untuk guru SMP dan lulusan S2 untuk guru SMA. Selain mencantumkan pendidikan formal, kamu juga bisa melengkapi CV-mu dengan mencantumkan pendidikan informal. 

Contoh riwayat pendidikan: 

Pendidikan Formal

Universitas Pancasila | Sarjana Matematika
2014 – 2018
IPK 3,25

Pendidikan Informal

Lembaga Bimbingan Belajar Nusa Bangsa | Kursus Komputer
2012 – 2013

3. Cantumkan Pengalaman Mengajar

Saat mencantumkan pengalaman mengajar, tulislah pengalaman terbaru terlebih dahulu untuk menunjukkan perkembangan karirmu. Alangkah baiknya dalam penulisannya, kamu juga menyebutkan posisi, nama sekolah, serta tanggung jawab yang diemban pada posisi tersebut. Jika pernah membuat proyek khusus, boleh juga dicantumkan pada bagian ini. Agar lebih menarik, gunakan angka dan kata kerja positif.

Contoh pengalaman kerja sebagai guru:

SMK Pelita Bangsa Bandung | 2020 – 2021
Guru Bahasa Inggris

Memfasilitasi 35 murid untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang meliputi 4 aspek (membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara). Penerapannya dengan cara mewajibkan seluruh murid menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi di lingkungan sekolah pada hari Rabu dan Jumat.

4. Cantumkan Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Guru

Agar rekruter melihat kamu sebagai kandidat yang tepat, nggak ada salahnya kalau kamu juga mencantumkan keahlian yang seharusnya dimiliki seorang guru. Beberapa keahlian tersebut, di antaranya manajemen kelas, tahu cara berkomunikasi yang efektif dengan remaja, organisasi, problem solving, perencanaan materi belajar, dan lainnya. 

Contoh CV Guru

1. Guru TK

Contoh CV Guru TK

2. Guru SD

Contoh CV Guru SD

3. Guru SMP/SMA

Contoh CV Guru SMP/SMA

4. Guru Bahasa Inggris

Contoh CV Guru dalam bahasa inggris

Hal penting yang perlu kamu ingat, CV harus dibuat unik untuk setiap profesi yang mau kamu lamar. Untuk menjadi guru, kamu sudah tahu apa saja isi CV dan contohnya pada penjelasan di atas. Bagaimana kalau ingin menjadi perawat? Yuk, simak cara membuat dan contohnya dalam artikel berikut: Contoh CV Perawat untuk Kamu yang Ingin Menjadi Nakes.