Interview Kerja

Cara Menjawab “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami”

Karyawan perusahaan

Interview kerja merupakan tahapan dalam proses rekrutmen yang harus kamu lalui, sebelum kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian. Namun sayangnya, cukup banyak kandidat pelamar kerja yang gagal dalam tahap interview hanya karena salah memberikan jawaban atas pertanyaan rekruter. Apalagi ada banyak pertanyaan rekruter yang menjebak, seperti pertanyaan tentang alasan kamu ingin bekerja di perusahaan yang dilamar.

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” Baca yuk ulasan lengkapnya dalam artikel Atma ini.

Tips Menjawab “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?”

jobseeker menjelaskan alasan melamar pekerjaan

Ketika rekruter mengajukan pertanyaan, “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” kamu bisa menjawabnya dengan mengikuti tips berikut:

1. Hindari Mengeluhkan Pekerjaan Sebelumnya

Untuk kamu yang sudah punya pengalaman kerja, alangkah baiknya kamu menghindari jawaban yang berisi keluhan, kejelekan, atau peristiwa kurang menyenangkan pada pekerjaan atau tempat kerja sebelumnya. Hindari pula menjelek-jelekkan atasan di pekerjaan lamamu, ya. Alih-alih bersimpati atas ceritamu, bisa jadi rekruter malah mencoret namamu dari daftar kandidat potensial.

2. Hubungkan Career Goals Kamu dengan Citra Perusahaan

Jika kamu memang memiliki cita-cita bekerja di perusahaan yang dilamar, jangan sekadar mengatakan keinginanmu ini. Lebih baik, hubungkan career goals kamu dengan citra perusahaan. Dengan catatan, kamu sudah mempelajari branding perusahaan terkait produk dan layanannya, serta sudah pula menggunakan produknya. Jawaban seperti ini akan jauh lebih dihargai rekruter sekaligus membuktikan kalau kamu punya semangat dan niat yang besar untuk diterima bekerja di perusahaan mereka.

3. Kesesuaian Visi, Misi, dan Deskripsi Pekerjaan dengan Value Diri Kamu

Jawaban profesional berikutnya untuk menjawab pertanyaan terkait alasan kamu ingin bekerja di perusahaan, bisa dengan mengangkat kesesuaian visi, misi, dan deskripsi pekerjaan dengan value diri kamu. Misalnya, perusahaan mengutamakan layanan pelanggan yang optimal, produk yang berkualitas, memiliki integritas dan bisa dipercaya, serta brand voice yang mengedepankan inovasi dan kekinian. 

Maka, jelaskan bahwa value diri kamu juga mengutamakan integritas dan profesionalitas, lebih suka promosi produk yang kekinian dan inovatif, serta lebih memilih menggunakan produk yang kualitasnya terjamin.

4. Kolaborasikan Keunggulan Perusahaan dengan Keunggulan yang Kamu Miliki

Fokuskan jawaban kamu pada keunggulan perusahaan, misalnya budaya kerja perusahaan yang dinamis mendukung perkembangan karier karyawan, produk yang dikenal luas, pangsa pasar menjangkau seluruh wilayah Indonesia, layanan pelanggan yang cepat tanggap, dan inovasi berkesinambungan. 

Kemudian, coba kolaborasikan keunggulan perusahaan tersebut dengan keunggulan dirimu. Misalnya, kamu memiliki kemampuan digital marketing yang bisa membantu perusahaan mengelola dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, kamu juga memiliki beberapa ide terkait strategi promosi digital yang jika diimplementasikan dalam strategi perusahaan dengan tujuan meningkatkan penjualan secara signifikan.

5. Fokus pada Job Description dan Apa yang Bisa Kamu Tawarkan

Lakukan riset secara mendalam terkait visi, misi, dan budaya kerja perusahaan. Kemudian pelajari job description yang biasanya tercantum di iklan lowongan pekerjaan dan di website perusahaan. Nah, semua informasi ini hubungkan dengan penawaran atau ide yang bisa kamu berikan untuk perusahaan.

Misalnya, dalam job description ada persyaratan memiliki networking yang luas. Karena kamu aktif di berbagai komunitas, kamu bisa menjelaskan seberapa luas networking yang kamu punya dan apa yang bisa kamu lakukan sehingga berdampak bagi peningkatan penjualan, misalnya.

Cara Menjawab yang Kurang Tepat

HRD memberikan penjelasan pada calon karyawan

Beberapa cara menjawab yang kurang tepat berikut ini harus kamu hindari. Sebab, bisa membuat kamu gagal dalam interview kerja.

  • Berkeluh kesah tentang kejelekan atasan di tempat kerja sebelumnya atau hal-hal buruk lainnya.
  • Memberikan jawaban terlalu umum dengan intonasi suara yang terdengar ragu atau malas-malasan.
  • Jawaban tidak “berisi” karena kamu sama sekali tidak memiliki informasi apa pun mengenai perusahaan (akibat kamu tidak meluangkan waktu untuk melakukan riset).
  • Intonasi suara, gerak tubuh, atau kata-kata dalam jawaban kamu tidak menunjukkan antusiasme.
  • Kamu tampak tidak percaya diri dan ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan rekruter.
  • Jawaban yang fokus pada diri sendiri, misalnya karena butuh uang, terlalu lama menganggur, ingin bekerja di perusahaan karena lokasi perusahaan dekat dengan rumah, menginginkan gaji besar karena kamu lulusan universitas terkenal, dan sebagainya.

Contoh Jawaban “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami”

Jobseeker memberikan resume kerja

“Pengalaman bekerja sebagai kepala tim sales selama 3 tahun terakhir banyak mengajarkan kepada saya tentang pentingnya kerjasama tim dan keterampilan leadership. Bahkan di akhir periode kerja bulan lalu, saya berhasil membawa tim sales mendapatkan penghargaan dengan penjualan tertinggi untuk wilayah Indonesia Timur, mengalahkan tim sales lainnya. Baru-baru ini, saya membaca perusahaan Anda membutuhkan Supervisor Marketing yang berfokus pada peningkatan penjualan. Nah, saya pun tertantang untuk berkarier dan mengimplementasikan pengalaman serta pengetahuan saya di perusahaan ini. Apalagi, latar belakang dan pengalaman saya memang terkait dengan marketing dan penjualan. Saya yakin, saya bisa berkontribusi positif untuk kemajuan perusahaan, terutama mengupayakan peningkatan penjualan dan perluasan pasar.”

Memberikan jawaban kenapa kamu ingin bekerja di perusahaan haruslah hati-hati. Karena tentunya kamu tidak ingin memberikan jawaban yang salah di mata perusahaan.

Inilah kenapa pertanyaan ini bisa dibilang salah satu dari beberapa pertanyaan menjebak saat interview. Apa saja pertanyaan saat interview kerja yang bisa menjebak? Berikut daftar pertanyaannya: 7 Pertanyaan Menjebak saat Interview dan Cara Menjawabnya