Interview Kerja

Cara Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Interview dan Contohnya

Dua pria bersalaman saat interview kerja

Ketika tiba waktunya interview kerja dan kamu bertemu dengan rekruter, maka hal pertama yang akan dilihat dan ditanyakan rekruter adalah bagaimana kamu melakukan perkenalan diri. Ini penting, lho, karena kesan pertama saat perkenalan diri di sesi interview bisa jadi akan mempengaruhi keseluruhan sesi interview. Simak yuk tips memperkenalkan diri yang baik!

Cara Perkenalan Diri Saat Interview

Cara kamu melakukan perkenalan diri merupakan langkah pertama untuk menarik perhatian rekruter dan meninggalkan kesan pertama yang mendalam. Tujuannya, supaya rekruter ingat kamu dan mempertimbangkan potensi kamu untuk bisa diterima bekerja. Berikut ini beberapa cara perkenalan diri yang perlu kamu perhatikan:

1.   Berpenampilan Rapi

Ketika berada di depan rekruter, pastikan penampilanmu rapi dan sopan. Penampilan yang menarik memang tidak membuat kamu serta merta langsung diterima bekerja. Tetapi, berpenampilan menarik menjadi nilai tambah dan dapat menciptakan kesan pertama yang baik di depan rekruter.

2.   Jaga Kontak Mata

Melakukan kontak mata ketika berbicara dengan rekruter merupakan bahasa tubuh yang penting dilakukan. Beberapa alasan pentingnya menjaga kontak mata, yaitu:

  • Menunjukkan kalau kamu adalah pendengar yang baik.
  • Kamu membuka diri untuk menjalin hubungan yang baik.
  • Menunjukkan kalau kamu nyaman dan percaya diri saat berbicara dengan rekruter.
  • Kontak mata juga menunjukkan kalau kamu adalah orang yang bisa dipercaya.

Sepanjang sesi interview kerja, jangan sampai kamu menghindari kontak mata, ya. Sebab, tidak melakukan kontak mata berarti kamu menutup diri dan tidak ingin rekruter tahu banyak tentang dirimu. Ini bisa membawa dampak buruk bagi hasil akhir dari sesi wawancara kerja yang kamu lakukan.

3.    Tersenyum dan Buat Suasana Nyaman

Ketika memasuki ruangan interview dan kamu merasa gugup atau tegang, cobalah tersenyum. Dengan mengulaskan senyum, kamu tidak hanya menunjukkan diri kamu adalah orang yang ramah, tetapi sekaligus bisa membangun suasana yang nyaman. Untuk dirimu sendiri dan juga untuk rekruter. Tersenyum juga membuka jalan yang baik untuk memulai percakapan dengan suasana yang lebih menyenangkan dengan rekruter.

4.   Siapkan Kalimat Sapaan

Tidak ada salahnya kamu mempersiapkan kalimat sapaan dan salam singkat sebelum memasuki ruangan interview. Mengucapkan kalimat sapaan juga menunjukkan kalau kamu orang yang ramah dan menyenangkan untuk diajak berdiskusi. Beberapa contoh kalimat sapaan, misalnya:

“Halo, selamat pagi. Senang bertemu Anda hari ini.”

“Halo, apa kabar? Semoga hari ini menjadi hari baik untuk kita semua, ya.”

5.   Berlatih dengan Teman

Sebelum hari interview kerja tiba, tidak ada salahnya kamu berlatih dengan teman. Latihan berulang akan membantu kamu mengingat semua kalimat yang perlu kamu katakan dengan baik, membangun kepercayaan diri, dan membuat kamu lebih menguasai keterampilan berkomunikasi yang singkat, padat, dan jelas. Sembari latihan, minta temanmu untuk melakukan koreksi hal-hal apa saja yang perlu kamu perbaiki. Kemudian, coba lakukan lagi sampai kamu fasih dan bisa meminimalkan kesalahan.

Contoh Perkenalan Diri Saat Interview

1.   Contoh Perkenalan Diri Profesional atau Berpengalaman

Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja atau selama ini sudah berkarier secara profesional, berikut contoh perkenalan diri yang bisa kamu lakukan:

“Nama saya Mario Simon. Setelah menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Widya Mandala Surabaya tahun 2007, saya bekerja di PT Dermaga Satu Surabaya, yaitu perusahaan perkapalan, sebagai Technical Superintendent. Selama 5 tahun bekerja, perusahaan yang awalnya hanya memiliki 5 kapal, sekarang bisa mengoperasikan 10 kapal dengan baik. Otomatis keuntungan perusahaan pun meningkatkan dengan penambahan jumlah armada yang beroperasi. Keahlian utama saya terletak pada kemampuan analisis terkait kerusakan mesin dan melakukan maintenance serta perbaikan.

2.   Contoh Perkenalan Diri Fresh Graduate

“Perkenalkan, nama saya Alexandra Tomoe. Saya baru lulus tahun ini dari Universitas Bina Nusantara. Sejak jadi mahasiswa di universitas tersebut, saya aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan dan pernah bekerja sebagai freelancer untuk posisi content writer di Atma. Saya punya kemampuan yang baik dalam diksi, penulisan kreatif, dan editing. Selain itu, saya juga sudah menyelesaikan kursus digital marketing dan SEO di platform online dengan nilai yang baik.

 

Sudah siapkah dengan sesi interview yang sebentar lagi akan kamu lakukan dengan calon perusahaan idamanmu?

Pastikan kamu sudah menyiapkan pakaian interview yang sesuai agar prosesnya nanti berjalan lancar. Karena penampilan juga merupakan bagian penting dalam proses interview. Simak tipsnya di artikel berikut: Tips Berpakaian saat Interview Kerja yang Mengesankan