Cover Letter

Cara Membuat Resume Kerja Biar Digaet Perusahaan

cara membuat resume lamaran kerja

Bagaimana cara membuat resume? Saat membuat resume, kamu harus memastikan isinya bisa meyakinkan rekruter kalau kamu kandidat yang cocok untuk mengisi posisi yang dilamar. Baca cara berikut untuk memperbesar peluang kamu diterima bekerja, yuk.

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja

1. Mulai dengan Memilih Format Resume yang Sesuai

Sebelum membuat resume, pilih dulu format resume yang mau kamu gunakan dan sesuai dengan karakter pribadimu, sekaligus relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Kamu bisa melihat contoh format resume berikut ini:

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja

2. Masukkan Identitas Diri dan Informasi Kontak

Setelah memilih format resume, hal berikutnya yang harus kamu masukkan ke resume adalah identitas diri. Tulis nama lengkap yang bisa terbaca dengan jelas, misalnya menggunakan ukuran font 14 pt dan di-bold. Kemudian cantumkan nomor HP, alamat email, URL LinkedIn (jika ada), dan alamat surat menyurat (alamat rumah).

3. Tambahkan Ringkasan Resume

Ringkasan Resume

Buat ringkasan resume atau deskripsi singkat mengenai diri kamu dalam bentuk pernyataan yang objektif. Pada ringkasan ini, kamu bisa memasukkan tujuan karir yang ingin kamu capai, pencapaian atau prestasi, pengalaman, bahkan keahlian yang kamu miliki. Ringkasan resume biasanya dicantumkan di bawah nama atau di bagian deskripsi profil.

4. Tuliskan Keahlian

Pada saat mau menuliskan keahlian yang kamu miliki, luangkan waktu sejenak untuk memilih, keahlian mana yang mau kamu cantumkan dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Keahlian yang dimaksudkan disini meliputi hardskills maupun softskills. Kamu juga boleh menyertakan keahlian yang sudah tersertifikasi atau memiliki lisensi khusus.

5. Tuliskan Pengalaman Kerja

Pengalaman Kerja

Jika kamu punya 10 pengalaman kerja, tidak berarti semua pengalaman kerja tersebut harus kamu tuliskan dalam resume. Tetapi, utamakan menuliskan pengalaman kerja terbaru dan yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar. Beberapa ketentuan lain yang perlu kamu perhatikan dalam menuliskan pengalaman kerja di resume, antara lain:

  1. Tulis jenis pekerjaan, beri deskripsi singkat terkait job description dalam pekerjaan tersebut.
  2. Cantumkan periode atau lama bekerja dan jabatan. 
  3. Saat menuliskan prestasi yang pernah dicapai dalam bekerja, beri angka yang menunjukkan nilai atau potensi yang kamu miliki. Contoh: Berhasil meningkatkan pendapatan perusahaan sebesar 80% dalam 2 tahun terakhir.
  4. Gunakan kata kunci yang tepat dari setiap deskripsi pekerjaan yang kamu tulis pada riwayat pekerjaan ini. 
  5. Dalam menulis pengalaman kerja, gunakan kalimat efektif dan tidak perlu bertele-tele.

6. Tuliskan Riwayat Pendidikan

Sama seperti menuliskan pengalaman kerja, maka untuk riwayat pendidikan dalam resume cukup pendidikan terakhir saja. Lengkapi dengan tahun lulus, jurusan, universitas, dan nilai akhir. 

7. Buat Kolom Tambahan Jika Perlu

Jika masih ada ruang kosong pada halaman resume, kamu bisa menambahkan pencapaian lain, minat, atau rencana karir jangka panjang yang mau kamu wujudkan. Sekali lagi, pastikan apa yang kamu cantumkan di dalam resume, sesuai dengan posisi/jabatan yang kamu lamar, serta relevan dengan perusahaan tempat kamu melamar kerja.

Jika masih bingung memilih template resume maupun membuat resume yang bikin rekruter tertarik untuk merekrutmu, coba pelajari lagi di artikel ini, yuk: Contoh Resume Lamaran Kerja yang Memikat Rekruter